Beginilah Gaya Hidup yang Dijalani Orang Korea Selatan

Kalian yang sangat suka menonton drama Korea sudah pasti tidak akan asing dengan kehidupan yang dijalani keseharian oleh orang Korea. Ternyata ada banyak lho hal positif yang dapat kalian tiru dari gaya hidup orang Korea lho. Apalagi jika kalian memiliki rencana untuk berlibur ke Korea Selatan, tidak ada salahnya jika kalian mencari tahu kebiasaan yang dilakukan orang Korea. Popularitas budaya Korea lewat musik K-Pop atau drama yang diproduksi menjadikan Korea Selatan salah satu destinasi wisata populer di kawasan Asia.

Menyadari potensi ini, pemerintah Korea tidak pernah berhenti menciptakan destinasi wisata baru dengan memaksimalkan potensi Daftar Sbobet daerah yang ada. kalian yang suka dengan segala hal berbau Korea pasti ingin banget liburan ke negeri ginseng itu bukan? Bukan hanya bujet saja yang harus kalian pikirkan. Sebelum pergi ke Korea, kenali dulu beberapa budaya keseharian mereka agar kalian mudah menyesuaikan diri di sana. Berikut ini adalah gaya hidup yang dilakukan oleh orang Korea yang perlu kalian ketahui. Berikut diantaranya.

Bersikap Sopan Terhadap Orang Lain

Orang Korea sangat terkenal dengan sikap ramah dan sopan yang ditunjukkan pada orang yang lebih tua, lho. Saat kamu bertemu dengan seseorang yang lebih tua, wajib hukumnya untuk memberi salam dan membungkuk sebagai bentuk rasa hormat. Meski kedengaran sepele, kebiasaan ini tidak boleh dilanggar di sana.

Selain memberi salam, kamu juga harus berbicara dengan sopan dengan orang yang lebih tua, juga memanggil mereka dengan sebutan pengganti. Kamu tidak boleh memanggil mereka hanya dengan nama saja karena hal itu dianggap sangat tidak sopan.

Etika Waktu Makan

Setiap negara pasti punya budaya sendiri-sendiri, tidak terkecuali di Korea. Kamu harus tahu etika makan saat di Korea, agar kamu tidak membuat kesalahan saat di sana nanti. Ketika makan, kamu tidak boleh mengambil makanan atau mulai makan sebelum orang yang paling tua memulainya. Saat makan pun kamu harus berusaha untuk tidak berisik agar tidak mengganggu yang lain.

Di Korea juga tidak mengenal tradisi makan dengan tangan. Jika di Indonesia makan dengan tangan adalah kenikmatan, maka orang Korea menganggap hal tersebut jorok. Jadi saat makan, pastikan kamu menggunakan sumpit atau sendok. Ada satu lagi etika makan di Korea yang cukup unik, yaitu diperbolehkan bicara meski mulutmu sedang penuh dengan makanan.

Cara Menyambut dengan Welcome Drink

Perayaan adalah tradisi yang khas di Korea, bahkan untuk acara-acara kecil saja seperti menyambut anggota baru. Welcome drink adalah menu wajib di setiap penyambutan. Welcome drink sendiri adalah minuman beralkohol yang dicampur soju, minuman keras khas Korea.

Kamu wajib menerima welcome drink untuk menghargai orang-orang yang sudah menyambutmu. Namun jika kamu tidak bisa minum alkohol, kamu tetap harus menerimanya kemudian meminta ganti dengan minuman yang lain. Jangan khawatir dianggap tidak sopan ya. Orang Korea akan memahami kok kalau kamu tidak bisa minum alkohol.

Hal Umum yang Harus Diperhatikan di Korea Selatan

Selain hal-hal di atas, kamu juga harus tahu beberapa peraturan “tidak tertulis” yang harus kamu patuhi. Misalnya, tidak memotret orang sembarangan terutama wanita. Jika kamu ingin mengambil gambar, maka kamu harus izin terlebih dulu pada yang bersangkutan.

Satu lagi nih buat kamu yang suka dengerin musik atau nonton video di tempat umum. Pastikan kamu selalu memakai headset agar orang-orang di sekitarmu tidak merasa terganggu. Oh iya, perhatikan juga tanda-tanda larangan merokok dan parkir ya. Jika melanggar, pasti kamu akan dikenai denda.

Jangan Malas Minum Air Putih

Kamu pasti ingin tahu dong rahasia kulit mulus nan awet muda bak bintang Korea. Sebenarnya tidak perlu skincare mahal kok. Cukup dengan rajin minum air putih, kulitmu pasti akan tetap lembab. Inilah kebiasaan orang Korea yang wajib ditiru. Kamu pasti sudah sering melihat adegan drama Korea saat para aktornya minum air putih sesaat setelah bangun tidur bukan?

Air putih tidak hanya mencegah dehidrasi saja, tetapi juga dapat membantu menyehatkan pencernaan. Selain itu dengan air putih metabolisme tubuh semakin meningkat, sehingga lemak-lemak dalam tubuh bisa diubah menjadi energi dengan sangat mudah.

Sering Pergi Sauna

Rumah sauna bisa kamu temukan dengan mudah di Korea, bahkan buka 24 jam penuh dan mengizinkan pengunjungnya untuk menginap selama berhari-hari lho. Rumah sauna atau jimjilbang sangat populer karena kebiasaan masyarakat Korea yang suka pergi kesana.

Sauna bermanfaat untuk mengeluarkan racun dalam tubuh, meredakan stres, dan menurunkan berat badan. Namun yang harus diwaspadai, sauna bisa membuatmu dehidrasi. Oleh sebab itu, saat sedang sauna pastikan kamu minum banyak air putih agar kadar cairan dalam tubuh tetap terjaga.

Rajin Skincare Apa Lagi Maskeran

Skincare asal Korea memang sangat populer di seluruh dunia. Rangkain perawatan kulit yang terdiri dari puluhan langkah mencerminkan kepedulian yang tinggi untuk merawat kulit. Salah satu tahap perawatan yang tidak boleh terlewatkan adalah menggunakan masker.

Wanita dan pria di Korea sangat suka merawat wajah dengan masker di malam hari agar terlihat segar keesokan harinya. Mereka biasanya menggunakan masker jenis sheet mask atau masker alami dari buah dan sayur. Nutrisi alami pada masker memang baik untuk merawat kulit. Jadi tidak heran kan kalau kulit orang Korea sangat bercahaya dan awet muda?

Biasa Jalan Kaki

Ini dia nih yang rasanya masih sulit dilakukan orang Indonesia. Masyarakat Korea suka berjalan kaki dan bepergian dengan transportasi umum. Adegan-adegan seperti selalu ada di setiap drama yang kamu tonton. Kebiasaan berjalan kaki bukan semata-mata untuk mendapatkan tubuh ideal, tetapi juga sebagai pengganti buat mereka yang terlalu sibuk untuk berolahraga.

Nah, kalau kamu ingin hidup sehat seperti orang Korea, mulailah membiasakan diri untuk berjalan kaki. Meski awalnya terasa capek dan berat, lama kelamaan kamu pasti akan menikmati dan merasakan manfaatnya!

Pekerja Keras

Satu lagi nih gaya hidup orang Korea yang harus kamu terapkan dalam hidup. Orang Korea terkenal pekerja keras, gigih, dan tidak mudah menyerah. Rata-rata jam kerja di Korea Selatan adalah 60 jam per minggu. Jadi lembur sampai larut malam sudah jadi hal yang biasa di sana. Kamu juga bisa belajar dari para idol yang menghabiskan waktu bertahun-tahun sebelum bisa debut sebagai penyanyi.

Hal tersebut menunjukkan bahwa orang Korea sangat tekun dan sabar untuk meraih cita-citanya. Tapi ingat ya, jangan memaksakan diri sampai kamu yang jadi korbannya.

Gaya Hidup Disiplin Serta Taat Aturan

Disiplin dan taat pada aturan adalah ciri khas masyarakat Korea yang nampak pada kehidupan sehari-hari. Misalnya nih saat mereka akan menyeberang di zebra cross. Tanpa perlu diingatkan, setiap orang memiliki kesadaran diri untuk menunggu lampu peringatan. Hidup disiplin ternyata juga baik untuk menghindarkan diri dari stres lho.

Dengan hidup disiplin, maka kamu akan lebih produktif dan efektif dalam menjalankan aktivitas. Buat kamu yang belum terbiasa, yuk mulai susun jadwal aktivitas apa yang harus kamu lakukan selama seharian penuh dan tentukan prioritasnya. Jika terbiasa hidup disiplin, kamu tidak akan kaget deh saat ke Korea nanti.